Pementasan I La Galigo Akan Digelar di Luwu Timur, Ini Jadwalnya

AKKARESO.COM ;–Pementasan I La Galigo akan digelar di Luwu Timur oleh beberapa kelompok penggiat seni dan budaya tana Luwu.

Pementasan yang dijadwalkan pada Sabtu, 20 Juli 2019 bertepatan dengan perayaan Hari Bakti Adhyaksa Ke-59 Tahun di Halaman Kantor Kejaksaan Tinggi Negeri Luwu Timur.

Sutradara pementasan, Musly Anwar saat di konfirmasi mengatakan pementasan ini diadakan dalam rangka memeriahkan hari bakti adhiaksa.

“Kegiatan ini nantinya dalam rangkaian hari bhakti adiyaksa yang diselenggarakan oleh kejaksaan luwu timur.”Kaya Musly kepada Awak Media, Minggu, 14 Juli 2019.

“Sebenarx pentaskan lagaligo itu mahal. Karna menggunakan property banyak dan melibatkan pemain yg banyak. Proses latihan juga yang memakan waktu sebulan lebih.” Imbuhnya.

Lanjut Musly yang juga pemerhati Budaya asal Tana Luwu ini mengganggap hal tersebut bukanlah suatu alasan mengingat melestarikan budaya adalah suatu keharusan.

“Dengan penuh semangat saya sebagai putra daerah tana Luwu yang sejak dulu berupaya tampilkan pentasan I lagaligo. Meski serba keterbatasan yang pasti niat kita tulus merawat jejak warisan yg tersisa sebelum lapuk dimakan lupa.”Tutupnya.

Pentasan Drama Kitab terpanjang di Dunia ini Melibatkan sanggar sugi performa Art, seniman ikbal lagaligo, musisi handal Tana Luwu serta beberapa penghiat seni dan budaya tana Luwu.

Sebelumnya Musly Anwar dengam beberapa timnya pernah mengadakan pentasan serupa dibeberapa daerah yakni Yogyakarta, Makassar, Belopa dan Masamba.(*/Aq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here