Peringati World Pharmacist Day, PC IAI Tidore Gelar Edukasi Pengenalan Obat di SD se-Kota Tidore Kepulauan

Akkareso.com|Makassar ;- Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Tidore Kepulauan melakukan kegiatan edukasi pengenalan obat sejak dini di 8 SD di kota Tidore Kepulauan.

Kegiatan tersebut digelar di 8 SD diantaranya SDN 1 Indonesiana, SDN 2 Indonesiana, SD Citra Umat, SD Goto, SD Tomagoba, MIN Dowora, SD Cobodoe dan SD Muhammadiyah.

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Tidore Kepulauan Marisca Febrianty S.Farm., M.Si.,Apt mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian untuk memeriahkan hari Farmasi sedunia (world pharmacist day) yang jatuh pada (25/9) lalu.

“Ya ini bagian dari memeriahkan hari farmasi sedunia, sasaran dan tujuan dari kegiatan ini kepada siswa sekolah dasar se-Tidore kepulauan. Sehingga bisa meminimalisir penyalahgunaan obat sejak dini dan mendapatkan obat yang legal hanya di sarana apotek dan toko obat berizin dikarenakan sudah banyak obat-obatan palsu yang beredar di pasaran,” kata Marisca Febrianty

Menurut Ika, sapaan karib Marisca Febrianty, ini juga merupakan bagian dari memberikan pemahaman cara penggunaan obat yang harus sesuai aturan agar khasiat dan terapi yg diinginkan sesuai harapan.

Foto (*/Akkareso.com)

“Juga dalam penyimpanan obat harus diperhatikan apakah sesuai standar penyimpanan obat atau tidak, disuhu yang sudah di tentukan seperti suhu ruangan dan suhu kulkas dan membuang obat yang tidak layak pakai dengan cara yang tepat,” tutur Ika

lebih jauh, Ika juga mengungkapkan syukur karena kegiatan ini di respon sangat baik oleh seluruh stakeholder mulai dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Kepala Sekolah dan Dewan guru.

“Kegiatan ini direspon cukup baik. Bahkan, dewan guru pun ikut mengikuti edukasi sampai selesai dan paling seru seluruh siswa sangat bersemangat mengikuti edukasi ini,” jelasnya

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Lapangan Gemala Thamrin S.Farm.,Apt menyampaikan rasa syukurnya atas terlaksananya kegiatan ini dengan lancar.

“Alhamdulillah PC IAI kota Tidore Kepulauan telah sukses melaksanakan kegiatan edukasi apoteker cilik, untuk PC IAI Tidore kegiatan ini juga merupakan rangkai kegiatan yang telah dilaksanakan sejak awal tahun 2019 lalu,” beber Gemala Thamrin.

Foto (*/Akkareso.com)

Gemala juga menyampaikan rasa terimakasih nya kepada teman-teman Apoteker yang telah telah berkerja keras menyukseskan kegiatan ini

Selain itu Endang Sari S.Farm.,Apt salah satu Apoteker yang terlibat dalam kegiatan tersebut menyampaikan kegiatan ini sangat baik untuk memperkenalkan obat sejak dini kepada adik-adik kita

“Kegiatan ini sangat bagus untuk memperkenalkan tentang obat sejak dini dan peran Apoteker dikalangan siswa sekolah dasar yang ada di kota Tidore Kepulauan,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here