Tidak Transparansi Soal BLT, Warga Demo Kades Talaga Jaya Mundur Dari Jabatannya

Akkareso.com|Makassar ;- Masyarakat Desa Talaga Jaya yang tergabung dalam Aliansi Pemuda dan Masyarakat, sukses menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor desa Talaga Jaya, Kecamatan Wasile Selatan, Kabupaten Halmahera Timur.

Dalam aksinya masyarakat menuntut Transparansi Kades Talaga Jaya terkait penyaluran bantuan Sosial dan BLT, serta bantuan lainnya kepada masyarakat.

Koordinator Lapangan, Suhirjan H Umar menyampaikan bahwa aksi ini digelar sebagai bentuk kekecewaan masyarakat terhadap kades Talaga Jaya yang tidak transparansi soal BLT, Bansos dan bantuan lainnya.

“Masyarakat itu butuh transparansi kades, terkait anggaran BLT dan bantuan lainnya. Soal terdampak Covid-19 seluruh masyarakat itu terdampak, jadi dalam penyaluran juga harus merata dan adil,” kata Irzan dalam orasinya. Jumat (22/5/2020)

Selain itu, Irzan juga mengungkapkan bahwa saat penyaluran juga terdapat beberapa nama yang ganda alias beberapa kali menerima bantuan yang berbeda, ini tentunya sangat tidak adil.

Aliansi Pemuda dan Masyarakat Talaga Jaya, saat gelar Aksi di depan Kantor desa. (Foto: Irzan/ Akkareso.com)

“Kades harus lebih teliti lagi dalam penyaluran bantuan ini agar masyarakat dengan nama yabg sama tidak dua kali mendapat bantuan, karna masih banyak yang belum sama sekali terima,” jelasnya

Sementara itu, Fajri Lambie dalam orasinya mengatakan bahwa sesuai kesepakatan awal rapat bersama pemdes, pemuda dan masyarakat yang sudah dapat paket A tidak lagi mendapatkan pake B namun yang terjadi di lapangan banyak yang menerima dua kali.

“Kades sudah melanggar kesepakatan awal yang dibuat bersama masyarakat. Selain itu kades juga tidak mau menerima saran dan masukan baik dari masyarakat maupun dari kaurnya sendiri,” tegas Fajri.

Dalam aksi ini juga masyarakat secara tegas mendesak pemerintah Kabupaten Halmahera Timur dalam hal ini Bupati Muhdin Hi Babud, untuk segera copot kades Talaga Jaya, Rajab Jubir dari jabatannya dan segera Plt kan Kades Talaga Jaya.

“Jadi Torang ini masyarakat so tra mau dia jadi kades lagi, untuk apa satu kepemimpinan baru torang so tra bisa baku kasih saran dan pendapat. Selama ini kades Talaga Jaya juga bergerak dan bertindak juga tidak melibatkan kaurnya, apalagi masyarakat, dia pe karja cuman marah-marah” Ujar Adnan Lambutu Salah satu tokoh masyarakat Talaga Jaya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here